Inilah Penyebab dan Obat Sakit Gigi yang Bisa Menjadi Alternatif Anda

 

Sakit gigi termasuk sebagai penyakit yang sering menyerang pada anak-anak dan dewasa. Sesuai namanya kendala kesehatan tersebut hanya mengarah pada gigi. Namun, rasa nyeri yang dirasakan bisa terjadi pada ke seluruh kepala. Hal ini jelas berkaitan dengan saraf gigi yang menyalur pada bagian kepala. Tidak mengherankan jika kemudian banyak penderita sakit gigi yang meronta-ronta karena rasa sakit yang ditimbulkan sangat menganggu aktivitas. Untuk beberapa penderita yang masih tergolong ringan obat sakit gigi di apotek mampu menjadi alternatif penyembuhan.

Namun, ketika keadaan gigi lebih parah. Ada baiknya jika Anda langsung membawanya ke rumah sakit. Hal ini untuk menghindari dampak buruk yang mungkin bisa terjadi kapan saja. Rasa sakit pada gigi diakibatkan oleh tumpukan bakteri yang ada pada celah-celah gigi. Apabila bakteri ini dibiarkan saja maka kemungkinan ia rusak semakin besar. Anda bisa melakukan pencegahan sederhana mulai dari sekarang. Misalnya dengan menggosok gigi setiap pagi dan malam sebelum tidur. Begitu juga yang harusnya Anda ajarkan kepada anak. Mereka hanya meniru kebiasaan orang tua. Jadi, ketika Anda menunjukan kebiasaan positif, secara otomatis dia akan mengikutinya.

Tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Seperti coklat, dan permen menjadi solusi lain untuk mengurangi tingkat resiko kerusakan pada gigi. Tetapi, bukan berarti tidak boleh memakannya. Tetap diperbolehkan tapi dengan porsi sewajarnya. Seperti yang diketahui bahwasannya apapun yang dimakan segar berlebih akan berdampak tidak baik bagi kesehatan. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghindari sakit gigi. Yaitu:

  1. Sikat gigi secara teratur dua kali sehari. Bisa dilakukan setiap pagi dan malam sebelum tidur. Hal ini berkenan dengan aktivitas bakteri dalam mulut yang lebih aktif saat seseorang tertidur. Kondisi semakin membahayakan ketika sebelum tidur Anda sempat makan sesuatu yang manis.
  2. Kurangi konsumsi makanan manis. Kandungan glukosa dalam makanan manis menjadi salah satu penyebab timbulnya zat asam yang berlebih.
  3. Lakukan kontrol secara teratur. Anda bisa mulai untuk melakukan kontrol pada bagian gigi dua minggu sekali. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari pencegahan kerusakan pada gigi. Selain itu, Anda bisa memastikan bagian mulut dan sekitarnya dalam keadaan bagus.

Pada dasarnya kerusakan pada gigi disebabkan oleh beberapa faktor. Terkadang karena terlalu sibuk semua penyebab tersebut tidak dihiraukan. Apabila rasa sakit mulai menjalar serta membuat semua anggota badan terasa tidak enak. Biasanya pihak dokter akan memberikan solusi untuk melakukan pencabutan gigi. Ketika hal ini terjadi pada anak-anak mereka gigi baru akan kembali tumbuh. Namun, saat dengan orang dewasa bisa diupayakan proses penambalan gigi guna memperbaiki penampilan. Sedangkan berikut merupakan 4 obat sakit gigi yang bisa Anda gunakan:

  • Bawang putih.
  • Cuka apel.
  • Jeruk nipis.
  • Garam.

Sakit gigi bukan penyakit yang seharusnya dibiarkan begitu saja. Gangguan kesehatan tersebut memerlukan penanganan khusus agar Anda bisa kembali melakukan aktivitas sehari-hari. Bukan hanya itu sebagai orang yang peduli kesehatan seharusnya setiap individu mulai memperhatikan pola hidup sehat dengan serius.

Obat sakit gigi termasuk solusi yang bisa digunakan. Namun, bukan berarti Anda diperbolehkan untuk menggantungkan diri dengannya. Berhenti menyakiti diri sendiri dan mulai dengan hidup dan pola pikir positif. Anda mempunyai kendali besar dalam menjaga kesehatan. Jadi, sudah saatnya memperhatikan kesehatan secara serius. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *