Intermezzo Lifestyle

Beberapa Pola Hidup Sehat Selama Masa Pandemi. Apa Saja?

Hingga kini, pandemi COVID-19 masih belum kunjung mereda. Setiap hari, jumlah kasus terjangkitnya makin bertambah. Meski aktivitas masyarakat sekarang sudah banyak dibatasi dan disarankan untuk tetap berada di rumah,  ada saja godaan yang muncul ketika harus tetap berada di rumah. Misalnya saja mengonsumsi makanan cepat saji ataupun jarang berolahraga. Jika kedua hal ini terus berlanjut, maka bisa memicu gangguan kesehatan hingga mungkin harus menggunakan asuransi kesehatan cashless yang dimiliki.

Padahal, menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi menjadi sangat penting agar terhindar dari berbagai penyakit. Lantas, apa saja pola hidup sehat selama masa pandemi yang bisa dilakukan? Simak ulasannya di bawah ini!

  1. Bergerak Aktif

Opsi melakukan olahraga di pusat kebugaran pada masa pandemi bisa diubah dengan melakukan olahraga di rumah saja. Banyak jenis olahraga yang bisa kamu coba misalnya, yoga, sit-up, push-up, jumping jack, dan sebagainya. Zumba atau aerobic sebenarnya masih bisa kamu praktikan di rumah. Jika bosan, jalan kaki dan jogging di luar rumah pun boleh, tak lupa untuk selalu menghindari keramaian, menggunakan masker, dan langsung mandi ketika sampai di rumah.

  1. Tidur Cukup

Ternyata tidur yang cukup mempengaruhi sistem pertahanan tubuh seperti yang dilansir dari U.S National Institutes of Health. Jumlah tidur yang dibutuhkan agar mencapai hasil yang optimal sebenarnya bergantung pada masing-masing individu. Namun, para ahli merekomendasikan golongan usia 18-60 tahun untuk tidur tujuh jam atau lebih tiap malam.

  1. Jaga Asupan Makan

Siapa yang tidak tergiur dengan lezatnya makanan cepat saji? Namun, di masa pandemi ini ada baiknya kamu lebih banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang seperti sayur dan buah. Hal ini penting karena nutrisi seperti vitamin dan mineral yang dimiliki sayuran dan buah-buahan bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Jika kamu bosan dengan olahan sayur dan buah yang biasanya, kamu bisa coba dengan menjadikan smoothie sehat yang rasanya enak banget!

  1. Konsumsi Jamu Tradisional

Kandungan alami yang terdapat dalam jamu tradisional dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Beberapa rempah yang biasa diolah menjadi jamu yaitu kunyit, jahe, temulawak, dan sebagainya. Jamu tradisional bisa diracik sendiri di rumah karena resep  dan bahan-bahannya mudah didapatkan.

  1. Vitamin C yang Cukup

Manusia setidaknya membutuhkan 500 gram vitamin C dalam sehari. Kandungan vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan yang kandungan vitamin C tinggi, seperti jambu biji, blackcurrant, kiwi, lemon, leci, kesemek, pepaya, stroberi, dan jeruk. Untuk sayur, kamu bisa pilih bayam, sawi, kale, atau brokoli. Bagi pecinta pedas, ternyata cabai juga mengandung vitamin C yang tinggi.

Ternyata, pola hidup selama pandemi sebenarnya mudah, ya? Makanya, yuk, coba diterapkan dan rasakan sendiri manfaatnya. Stay safe and healthy, everyone!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *