Bisnis Intermezzo Property

Selain Klaim Asuransi, Lakukan Langkah-langkah Ini saat Terlibat Kecelakaan

 

Beberapa orang mengambil asuransi kecelakaan diri atau personal accident insurance sebagai pendamping asuransi jiwa karena menawarkan tanggungan terhadap risiko yang lebih ringan. Meski uang tanggungan yang diberikan lewat klaim tak sebesar asuransi jiwa, akan tetapi dana tersebut bisa membantu Anda dan keluarga dalam memenuhi kebutuhan akibat kerugian finansial yang ditimbulkan akibat kecelakaan.

Meskipun demikian, tetap saja, saat terlibat dalam insiden kecelakaan, pastikan Anda mengambil langkah-langkah berikut demi mengantisipasi dampak yang ditimbulkan akibat kecelakaan tersebut, di antaranya:

  • Periksa kondisi diri sendiri

Sesuatu yang wajar memang jika Anda terkejut dan bingung saat mengalami kecelakaan lalu lintas. Namun, sebisa mungkin Anda segera mengecek diri sendiri, apakah ada bagian tubuh yang sakit, terluka atau malah hilang. Jika Anda mendapati cedera atau luka berat, usahakan untuk tidak panik dan hindari gerakan tiba-tiba yang akan memperparah luka tersebut.

Lalu, bagaimana jika Anda hanya syok dan mengalami luka ringan? Tetap tenangkan diri terlebih dulu, lalu keluar dari mobil secara perlahan. Ambil barang berharga apabila memungkinkan.

  • Menepi dan hindari kemacetan

Kecelakaan lalu lintas seringkali menimbulkan kemacetan. Apabila insiden kecelakaan yang Anda alami tidak terlalu berat, maka Anda bisa meminta bantuan pada pihak-pihak yang terlibat atau petugas yang berwenang untuk menepi dan mendiskusikan masalah. Selain membantu Anda menemukan solusi, pengendara lain tetap bisa melintasi jalan tanpa gangguan.

Namun, jika kecelakaan yang Anda alami tergolong berat, tunggu terlebih dahulu petugas berwenang mengambil alih situasi dan pastikan Anda bertahan sampai petugas medis tiba.

  • Mengumpulkan bukti kecelakaan

Jika Anda masih kuat bergerak, setelah menenangkan diri, periksa dulu kendaraan Anda untuk memastikan apakah ada bagian yang cacat atau penyok. Kumpulkan bukti-bukti yang ditemukan dalam foto karena langkah tersebut akan membantu Anda untuk melaporkan kondisi tersebut ke pihak kepolisian maupun perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Jika memungkinkan, langsung hubungi perusahaan asuransi setelah peristiwa kecelakaan terjadi. Jangan membuat perjanjian atau kesepakatan dengan pengendara lain tanpa sepengetahuan asuransi.

  • Hubungi keluarga, teman, atau pihak berwajib

Hubungi kerabat keluarga atau teman, terutama kalau Anda sedang berada di tengah perjalanan menuju acara atau rumah mereka. Kabari situasi dan kondisi yang sedang Anda hadapi setenang mungkin agar mereka tidak panik. Jika memerlukan bantuan, berikan arahan atau langkah yang harus mereka lakukan.

Kemudian, kontak juga pos polisi terdekat atau pihak berwajib lainnya. Hal ini tentu akan semakin membantu Anda menyelesaikan masalah hingga mengajukan laporan klaim kepada perusahaan asuransi.

Itu dia beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan jika Anda terlibat kecelakaan di jalan raya. Memang, tidak ada satu orang pun yang bisa mencegah terjadinya kecelakaan, namun jika mengantisipasinya dengan langkah-langkah di atas tentu dapat menolong Anda saat tak sedang bersama orang-orang terdekat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *