Lifestyle Teknologi

Mitos Mengenai Sakit Kanker. Benar atau Salah, Ya?

Kanker merupakan penyakit yang paling ditakuti, selain efek sampingnya yang berbahaya, pengobatannya yang tidak mudah merupakan alasan mengapa penyakit ini sangat mengerikan dan juga menghabiskan banyak uang sehingga banyak orang yang rela membeli asuransi penyakit kritis demi menjaga keamanan finansialnya bila terkena penyakit berbahaya tersebut.

Menurut hasil lansiran, kanker sendiri merupakan penyakit yang diakibatkan karena adanya sel abnormal di dalam tubuh yang berkembang biak secara tidak terkendali sehingga jumlah sel tersebut semakin banyak dan juga mengganggu jaringan atau organ yang berada di sekitarnya.

Sampai saat ini, memang masih belum diketahui pasti penyebab munculnya penyakit kanker ini, namun berbagai riset menunjukkan bahwa peningkatan risiko kanker berkaitan erat dengan gaya hidup yang tidak sehat yang dijalani, faktor keturunan, hingga penyakit tertentu. Meski belum diketahui penyebabnya, tapi beredar banyak sekali mitos terkait penyakit kanker. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Radiasi telepon genggam menyebabkan kanker

Ada mitos yang mengatakan bahwa telepon genggam dapat memancarkan radiasi yang bisa mengakibatkan kanker. Hal ini hanyalah mitos yang salah karena telepon genggam hanya memancarkan radiasi yang sangat rendah sehingga tidak dapat menyebabkan mutase gen pada sel di tubuh.

  1. Kanker bersifat keturunan

Berdasarkan pada penelitian hanya 5 – 10% pasien kanker yang mewarisi mutase gen dari orangtuanya. Biasanya, mutase gen terjadi setelah lahir akibat terpaparnya zat kimia berbahaya, kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol, obesitas, atau bahkan akibat penuaan. Bisa dipastikan, keturunan sama sekali tidak memengaruhi seseorang terkena kanker atau tidak, kecuali menjalani gaya hidup yang tidak sehat.

  1. Deodorant dapat menyebabkan kanker payudara

Pernah ada rumor yang mengatakan bahwa penggunaan deodorant untuk mengurangi bau ketiak dapat menyebabkan kanker payudara karena kandungan yang berada di dalamnya seperti aluminium dapat masuk melalui pori-pori kulit. Hal ini tentunya masih menjadi mitos belaka karena belum ada pembuktian yang kuat yang menyatakan bahwa deodorant yang mengandung aluminium atau zat lain dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

  1. Suhu panas pada wadah plastik dapat menyebabkan kanker

Banyak yang mengatakan bahwa mengonsumsi minuman ataupun makanan di dalam wadah plastik yang terpapar suhu panas, seperti memasukkannya ke dalam microwave dapat menyebabkan kanker. Padahal, faktanya, tidak semua jenis plastik berbahaya ketika dipanaskan. Namun demikian, ketika memanaskan makanan ada baiknya Anda menggunakan wadah yang aman digunakan dan dimasukkan ke dalam microwave.

Demikianlah berbagai mitos mengenai kanker yang perlu diketahui. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *