Intermezzo

Macam-Macam Penyakit yang Sering Menyerang Pekerja

 

Setiap pekerjaan tentu memiliki risiko. Baik pekerja kantoran maupun lapangan, keduanya sama-sama mempunyai efek samping kesehatan di tempat kerjanya. Oleh sebab itu, asuransi kesehatan karyawan yang akan melindunginya dari risiko penyakit menjadi satu benefit utama yang dicari setiap pekerja. Menurut riset, setidaknya ada 4 macam penyakit yang cukup sering dialami oleh karyawan. Keempat penyakit tersebut adalah:

1. Asma. Asma adalah kondisi peradangan dan penyempitan saluran napas yang membuat penderitanya sesak atau sulit bernapas. Hingga saat ini, penyebab pasti asma belum diketahui oleh ahli medis. Meski begitu, beberapa pemicu utamanya adalah asap rokok, debu, gas, bioaerosol, lateks, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, sampai terpapar zat kimia.

Mengingat pemicu utamanya bisa ditemukan di mana pun, penyakit satu ini bisa diderita oleh semua sektor pekerja kantoran dan dari kalangan usia berapa pun.

2. Carpal Tunnel Syndrome (CTS). Carpal tunnel syndrome atau CTS merupakan penyakit yang membuat saraf median di telapak tangan mengalami tekanan berlebih. Kondisi ini rentan terjadi pada pekerja yang sering menggunakan tangannya untuk gerakan sama dan berulang-ulang ataupun memegang benda bergetar dalam waktu lama.

Contoh sektor pekerja yang paling sering terkena CTS adalah pekerja kantoran yang sering mengetik, pengemas barang, penjahit, pekerja bangunan, sampai dokter gigi. Penyakit CTS biasanya ditandai dengan rasa kesemutan atau mati rasa hingga lemas di bagian tangan.

  1. Dermatitis Kontak. Dermatitis kontak merupakan salah satu penyakit kulit yang ditandai dengan ruam merah yang gatal, kering, dan bersisik. Pada beberapa kasus, bahkan, penyakit ini bisa membuat kulit penderitanya mengeras, pecah-pecah, dan terasa nyeri ketika disentuh. Kondisi ini umum terjadi pada pekerja yang sering bersentuhan dengan zat kimia, pestisida, bahan pengawet, nikel, parfum pewarna rambut, air kotor, detergen atau cairan pembersih, besi, karet, juga baja.
  2. Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK). Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) merupakan kelompok penyakit paru-paru yang menghalangi aliran udara dan membuat penderitanya sulit bernapas. Penyakit ini umumnya dipicu oleh asap dan uap dari pabrik atau lokasi pekerjaan lain, debu, dan gas.

Sekilas, PPOK terlihat mirip seperti asma. Akan tetapi, pengidap PPOK akan tetap mengalami keluhan seperti batuk, sesak napas, nyeri dada, hingga perubahan pola napas meski dirinya sudah tak lagi terpapar pemicu. Tak heran jika PPOK menjadi penyebab kematian terbanyak keempat di dunia. Penyakit ini paling banyak menyerang pekerja tambang batu bara, pabrik batu, pabrik tanah liat, dan pabrik bahan bangunan.

            Itulah dia penyakit-penyakit yang umum menyerang pekerja kantoran maupun lapangan. Selain keempat kondisi kesehatan di atas, gangguan tulang dan otot, gangguan pendengaran, vertigo, tetanus, dan kanker juga merupakan sejumlah penyakit lain yang cukup sering diderita oleh pekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *