Bisnis Lifestyle

Pilih Asuransi Investasi? Kenali Dulu Plus-Minusnya!

Sesuai dengan namanya, asuransi investasi merupakan produk yang memiliki manfaat proteksi dari asuransi, plus manfaat investasi. Jadi, bagi Anda yang sedang mencari kedua produk keuangan tersebut, Anda bisa pertimbangkan produk yang satu ini sebagai solusi lebih praktis.

Mengapa lebih praktis? Karena lewat jenis produk asuransi yang satu ini, Anda cukup membeli satu produk saja tapi langsung mendapatkan kedua manfaat tersebut. Artinya, Anda tak perlu membeli produk asuransi dan produk investasi secara terpisah.

Nah, sebelum Anda mantap memutuskan untuk membeli produk asuransi ini, Anda juga harus mengenal dulu apa saja kelebihan dan kekurangannya. Dengan demikian, Anda pun bisa membuat keputusan dengan lebih bijak.

Kelebihan Asuransi Investasi

  • Bisa pilih proteksi tambahan.

Di samping produk yang basic, Anda juga bisa pilih rider alias perlindungan atau manfaat tambahan yang bisa Anda bebas pilih sesuai dengan kebutuhan. Jadi, Anda bisa dapatkan proteksi optimal.

  • Premi tidak akan hangus.

Kelebihan lain dari produk ini adalah premi yang Anda bayarkan ternyata tidak hangus setelah masa kontrak atau masa perlindungan asuransi habis.

  • Masa pertanggungan asuransi panjang.

Rupanya, asuransi investasi juga menyediakan masa pertanggungan yang panjang. Bergantung pada kebijakan perusahaan asuransi, ada produk dengan masa pertanggungan hingga 75 atau bahkan 100 tahun.

  • Manfaat ganda.

Pastinya, asuransi investasi menawarkan manfaat ganda, yaitu manfaat asuransi dan manfaat investasi. Inilah yang membuat produk keuangan ini menjadi sangat unik.

  • Praktis berinvestasi.

Banyak orang yang merasa ragu untuk mulai berinvestasi karena berbagai alasan, seperti bingung atau kurang pengalaman. Dengan asuransi ini, Anda bisa berinvestasi tanpa bingung atau cemas karena sudah ada manajer investasi yang akan mengelola dana Anda.

  • Ada fasilitas cuti premi.

Adanya fasilitas ini berarti Anda bisa mengambil cuti sementara dari kewajiban membayar premi. Walaupun Anda sedang cuti premi, Anda tetap akan memperoleh informasi maupun manfaat dari polis asuransi sebagai bagian dari hak Anda.

Kekurangan Asuransi Investasi

  • Premi cenderung lebih tinggi.

Apabila dibandingkan dengan produk asuransi lain dengan perlindungan yang serupa, asuransi investasi ini punya premi yang lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan adanya porsi dari premi yang dikelola sebagai modal investasi.

  • Keuntungan dari investasi bersifat fluktuatif.

Manfaat investasi dari produk asuransi ini bersifat fluktuatif atau naik turun. Pasalnya, dalam investasi murni pun terdapat risiko yang dipicu oleh fluktuasi harga pasar. Jadinya, return atau keuntungan investasi tidak akan sama setiap kurun waktunya.

  • Biaya asuransi terus meningkat.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan terkait dengan asuransi investasi adalah biaya asuransi yang cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun. Jadi, biaya yang Anda bayarkan berkemungkinan bertambah seiring dengan perubahan waktu.

Pada dasarnya, semua produk keuangan pasti memiliki kelebihan maupun kekurangan. Yang dapat Anda lakukan adalah menimbang kedua sisi tersebut dan membandingkannya dengan kebutuhan maupun kemampuan Anda untuk membuat keputusan yang tepat. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *